Review realme Watch S Pro : Smart Watch Kuda Hitam Fitur Mewah, Harga Ramah

Seperti di bisnis hape, semenjak memutuskan ikut bertarung di ranah AIoT, sepak terjang realme memang tidak bisa dianggap remeh. Predikat “kuda hitam” AIoT wearable yang diberikan counter point beberapa waktu lalu, seakan menjadi bukti jika realme mendapat respon positif dari konsumen.

Demi memantabkan posisinya di bisnis AIoT wearable, pabrikan asal Tiongkok ini langsung tancap gas dengan realme “Watch S Pro“. Perangkat ini merupakan versi lebih tinggi, dari realme Watch S yang dirilis beberapa waktu lalu.

Sebagai versi lanjutan, realme Watch S Pro dipersenjatai berbagai teknologi baru yang membuatnya begitu menggoda dalam pertarungan smart watch di kelas premium. Well seperti apa kualitas realme Watch S Pro, berikut ulasannya cuy!!

Desain
“Cowok banget” itulan kesan yang terlintas saat kali pertama melihat desain realme Watch S Pro. Tampilannya yang begitu maskulin, semakin terlihat berkelas dalam balutan warna dasar hitam elegan

Jam pintar ini memiliki desain frame bulat berukuran 1,39 inci atau setara 3,5cm. Framenya sendiri, menggunakan material Stainless Steel SUS316L yang diklaim punya daya tahan tinggi dan memiliki kesan premium, namun tetap terlihat kasual.

Pada bagian sisinya terdapat dua tombol utama yang berfungsi untuk mengakses menu dan back. realme Watch S Pro nyaman saat dikenakan, hal tersebut tidak lepas dari tali jam dibuat dari material silikon yang ringan dan cukup nyaman di kulit.

Bersadarkan pengalaman, ketika digunakan dalam berbagai aktivitas sekitar 1 minggu, kulit tangan crew GadgetSquad tidak mengalami iritasi. Fakta tersebut jadi bukti, jika material tali realme Watch S Pro memang berkualitas. Secara umum, tampilan realme Watch S Pro begitu menggoda, serta cocok untuk dipakai dalam berbagai suasana

Layar
Tampilan keren Watch S Pro, tidak lepas dari layar yang tertanam di bodi jam pintar ini. Layar realme Watch S Pro, memiliki peningkatan signifikan dibanding seri sebelumnya. Tak heran tampilan realme Watch S Pro, sangat menggoda “iman”.

Dari data yang ada, realme Watch S Pro mengusung layar AMOLED beresolusi tinggi dengan kerapatan piksel 326ppi. Layarnya sendiri berukuran 1,39 inci, serta sudah menggunakan panel 2,5D Gorilla Glass 3 agar lebih tahan gores.

Menariknya lagi, layar realme Watch S Pro sudah mendukung fitur always-on display (AOD). Pilihan tampilan AOD memang sebatas dua saja; analog & digital, namun hal itu sudah cukup mengimbangi desainnya yang premium. Selama eksporasi, menurut GadgetSquad teknologi di layar realme Watch S Pro bekerja sangat baik.

Layar memiliki respon yang baik, tergolong cepat dan akurat. Selain itu, layar yang lebih besar membuat isi notifikasi pesan bisa terlihat lebih mudah, tanpa harus melakukan banyak proses scrolling. Tersedia lebih dari 100 watch face yang bisa dipilih dari realme link.

Koneksi
Untuk mengsingkronisasi realme Watch S Pro sangat mudah. Kamu bisa menghubungkan realme Watch S Pro dengan aplikasi Realme Link di smartphone, baik itu hape realme, merek Android lain, bahkan perangkat iOS.

Saat realme Watch S Pro sudah terkoneksi dengan smartphone, layaknya perangkat sejenisnya kamu bisa langsung mengontrol banyak hal dari jam pintar ini. Mulai dari mengatur musik, membaca berbagai notifikasi, hingga menjadikanya remote pengendali kamera dalam jarak jauh

Hal lain yang tak kalah penting, ketika dihubungkan dengan smartphone, smartwartch realme ini mampu menolak panggilan masuk. Di mana nomor telepon ditampilkan di layar smart watch dan jika tak ingin menerima panggilan pengguna bisa menolaknya dengan hanya satu klik.

Selama pengujian, notifikasi tidak ada yang delay dan juga tetap dapat ditampilkan meski sedang dalam mode aktif olahraga. Terkait soal realme Link, ketika kamu menautkan dengan Watch S Pro dan menyinkronkannya, secara otomatis bisa melihat data kesehatan lengkap di smartphone, yang direkam oleh smart watch.

realme Watch S Pro juga bisa menautkan beberapa perangkat AIoT dari jarak jauh, tanpa perlu membuka smartphone. Update ini nanti akan digulirkan setelah ada pembaruan OTA. Secara keseluruhan, realme Watch S Pro menawarkan konektivitas dengan Bluetooth 5.0, aplikasi realme Link, Android mulai dari Android 5 dan iOS 9 ke atas.

Fitur
Tampilan sudah berkelas, saatnya GadgetSquad mengulik soal fitur unggulan yang membuat realme Watch S Pro semakin keren. Harus diakui saat GadgetSquad mengekslplor Watch S Pro, ternyata jam pintar andalan realme ini memiliki fitur yang melimpah.

Dimulai dari menu yang terkait dengan aktivitas olah raga. realme Watch S Pro didukung dengan deteksi 15 jenis olah raga. Mulai dari outdoor run, indoor run, outdoor walk, indoor walk, outdoor cycling, spinning, hiking, swimming, basketball, yoga, rowing, eliptical, cricket, strength training, dan free workout.

Tentunya ke-15 mode ini bisa dibilang sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengguna, terutama di masa pandemi. Semua fitur itu tersebut berfungsi sangat baik dan pastinya, mampu menjadi tandem apik awak GadgetSquad saat melakukan berbagai olah raga. Contohnya saat melakukan aktivitas renang.

Layaknya asisten olah raga, ketika menu tersebut aktif kamu bisa menyeting target jarak yang mau ditempuh. Hingga merekam sudah sejauh mana target sudah terpenuhi. Menariknya lagi, saat dibawa berenang jam pintar ini bisa bertahan hingga kedalaman 50 meter. Tapi disarankan, kamu jangan membawa jam ini saat berenang di laut.

Fitur lainnya, realme Watch S Pro memiliki sensor GPS dengan presisi tinggi, namun tetap awet baterai. GPS di realme Watch S Pro mendukung lokasi satelit ganda (GPS dan Glonass) online bersamaan. Alhasil jam pintar ini bisa memberi fungsi perekaman jalur independen untuk berlari, jogging, bersepeda, serta berjalan kaki.

realme Watch S Pro juga sudah dibekali fitur pemantau denyut jantung. Sejatinya fitur ini cukup umum tersedia di jam tangan pintar, hanya saja di realme Watch S Pro, sensor PPG bawaan ini sudah ditingkatkan, sehingga memiliki akurasi yang tinggi. Bahkan, jam tangan realme ini bisa mendukung pemantauan detak jantung selama 24 jam.

Tak cukup sampai disitu, Watch S Pro juga dilengkapi dengan deteksi tingkat oksigen darah. Perlu kamu ketahui, oksigen darah adalah salah satu indikator penting dalam kesehatan fisik. Ketika oksigen darah terlalu rendah, sel-sel tidak bisa mendapat oksigen cukup dan menimbulkan berbagai gejala gangguan kesehatan.

Nah, realme S Watch Pro memungkinkan deteksi oksigen darah kapan saja dengan level akurasi tinggi. Fitur lainnya, realme Watch S Pro juga dibekali penghitung langkah kaki, pengingat ketika pengguna diam terlalu lama, deteksi tidur, pengingat dehidrasi, hingga relaksasi meditasi.

Baterai dan harga
Saatnya mengulas daya tahan. Secara spesifikasi, realme Watch S Pro menggendong baterai berkapasitas 450 mAh. Baterai tersebut diklaim bisa membuat realme Watch S Pro aktif hingga 14 hari.

Nah, saat pertama kali menguji jam ini, baterai realme Watch S Pro memiliki kapasitas 95% dari 100%. Setelah digunakan berbagai aktivitas selama dua hari penuh, kapasitas daya masih menyisakan 87%.

Jika melihat kapasitas daya yang tersisa, bisa dikatakan realme Watch S Pro memiliki daya tahan baterai yang terbilang awet. Tapi perlu diperhatikan, boros tidaknya baterai realme Watch S Pro, juga tergantung apakah perangkat terhubung dengan smartphone dan seberapa sering penggunaan fitur deteksinya.

Sekarang saatnya GadgetSquad membahas harga. Sejatinya realme Watch S Pro, membidik segmen premium, tapi kamu tidak perlu takut merogoh kocek terlalu dalam. realme Watch S Pro bisa didapat dengan harga yang bersahabat, kamu cukup menyiapkan dana 1,9 juta saja.

Kesimpulan
Dari hasil eksplorasi, realme Watch S Pro memiliki potensi sangat besar untuk laris di pasar jam pintar level premium. Berbagai teknologi yang diberikan realme kepada Watch S Pro, mulai dari tampilan, kelengkap fitur semuanya saling mengisi satu sama lain, menjadikan performa jam pintar ini begitu mumpuni.

Satu hal lagi yang tidak boleh luput, melalui Watch S Pro, realme kembalikan membuktikan jika pabrikan yang satu ini, bisa memberikan produk berkelas tanpa harus menguras kantong konsumen.

Jika boleh sedikit berlebihan, menurut GadgetSquad realme Watch S Pro memang bukan jam pintar “killer”. Namun realme Watch S Pro, adalah “Kuda Hitam” yang kualitasnya bisa “membunuh’ pesaingnya di level yang sama.

Fahmi Permana
TERUSLAH BEKERJA KERAS. Sampai kamu tidak perlu memperkenalkan dirimu lagi pada siapa pun.