Ini 6 Manfaat Tidur Telanjang Menurut Ahli

tribunews.com

Memiliki kebiasana tidur tanpa busana hanya dilakukan oleh sebagian orang, karena kebanyakan pasti merasa tidak nyaman dan risih jika tidur tanpa busana.

Ternyata tidur tanpa busana memiliki banyak manfaat, tak hanya bagi kualitas tidur tapi memiliki manfaat yang menyeluruh dan sudah dibuktikan dengan sejumlah penelitian. Inilah manfaatnya:

1. Tidur Lebih Cepat dan Lebih Nyenyak


Kualitas tidur yang ideal itu bisa diciptakan oleh suhu yang berkisar antara 60 dan 67 derajat Fahrenheit.

Dan ternyata, tidur telanjang membantu menurunkan suhu tubuh dan membantu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Menurunkan suhu tubuh juga bisa berperan sebagai isyarat biologis bagi tubuh untuk tidur.

Tidur telanjang bisa membantu menurunkan suhu tubuh dengan cepat dan tidur lebih cepat. Dan menyebabkan waktu tidur menjadi konsisten dan juga lebih nyenyak.

2. Mengurangi Stres


Tidur telanjang bisa membantu menurunkan suhu tubuh dan menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik, sehingga strespun berkurang.

Sebuah studi yang dijalankan oleh The Journal of Gerontology yang mempelajaripola tidur dan efeknya menunjukkan hubungan intim antara tidur dan tingkat stres.

Ada juga bukti bahwa memiliki suasana hati yang baik juga bisa mengatasi insomnia secara keseluruhan.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri


Satu studi menemukan bahwa menghabiskan lebih banyak waktu telanjang meningkatkan kepercayaan diri dan menurunkan ketidakpuasan pada citra tubuh.

Studi tersebut juga mengutip dampak budaya pada citra tubuh dan bagaimana menghabiskan lebih banyak waktu telanjang sehingga bisa mengatasi hambatan mental dan dan standar yang tidak realistis tersebut.

Karena seseorang yang sering melihat bentuk tubuhnya akan bisa menerima dirinya dengan apadanya.

4. Meningkatkan Metabolismu dan Mencegah Peningkatan Berat Badan


Dalam tinjauan sistematis, yang diterbitkan oleh Obesity Society, ada banyak penelitian yang membuktikan hubungan natara kurang tidur dengan penambahan berat badan.

Melepas pakaian sebelum tidur bisa membantu mempertahankan atau memperbaiki jadwal tidur. Dengan jumlah waktu yang mencapai 7-9 jam.

5. Menjaga Kesehatan Kulit


Selain bisa mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, tidur akan lebih nyenyak jika telanjang, bahkan bisa menyembuhkan luka lebih cepat.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Federation of American Societies for Experimental Biology. Para partisipan dibuat lecet menggunakan penyedotan lalu kemudian mengukur bagaimana proses penyembuhan kulit yang berhubungan dengan tidur partisipan.

6. Memberikan Kesehatan Pada Organ Reproduksi Perempuan


Melepas pakaian saat tidur memiliki dampak positif pada kesehatan vagina, karena menggunakan pakaian terlalu ketat bisa meningkatkan risiko terkena infeksi jamur.

Sehingga banyak dokter kandungan yang merekomendasikan melakukan pencegahan dan disarakan untuk tidak memakai celana dalam.

Jika tidak nyaman, disarankan menggunakan pakaian katun yang longgar.

Fahmi Permana
TERUSLAH BEKERJA KERAS. Sampai kamu tidak perlu memperkenalkan dirimu lagi pada siapa pun.