3 Handphone Gaming Terjangkau dari Oppo yang Cocok

Oppo memiliki serangkai hape terjangkau untuk bermain sport dan bisa menemani dalam menunggu waktu buka puasa Ramadan atau ngabuburit. Hape tersebut di antaranya adalah Oppo A74, A74 5G, dan Reno5 F.

Ponsel tersebut sudah hadir dan dijual di Indonesia dengan vary harga Rp 3-4 Jutaan. Berikut element spesifkasinya:

Oppo A74

OPPO A74 vs OPPO A74 4G

Smartphone ini dirilis untuk memenuhi kebutuhan pengguna muda. Harganya Rp 3 Jutaan, yang sudah dibekali fitur dan teknologi terdepan karena didukung dengan spesifikasi yang mumpuni.

Layar berukuran 6,43 inci dengan tipe AMOLED FHD + dan berdesain punch-hole. Tersemat juga teknologi All-day Eye Care yang sebelumnya ada di perangkat seri Reno5. Ada juga fitur AI Sensible Backlight akan menyesuaikan lampu latar secara otomatis dengan mempelajari kebiasaan pengguna dalam mengatur kecerahan lampu di layar.

Baca Juga : Daftar Handphone 2 Jutaan Paling Murah

OPPO A74 didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 662, dapat menjalankan hampir sebagian besar cell sport dengan lancar. Prosesor ini merupakan chipset pertama di Snapdragon 6-series yang mendukung penyimpanan gambar dalam format HEIF, memungkinkan foto berkualitas lebih tinggi dengan ukuran setengahnya.

Snapdragon 662 mendukung resolusi FHD+ (2.220 x 1.080 pixel) dengan body charge 60Hz, penyimpanan emmC dan UFS 2.1, serta dibekali modem Snapdragon X11 LTE dengan kecepatan downlink hingga 390Mbps dan kecepatan uplink hingga 150Mbps. Chip juga memiliki dukungan untuk WiFi 6, Bluetooth 5.1, GPS dual-frekuensi, dan NavIC.

Qualcomm mengatakan Platform Cell Snapdragon 662 mendukung Fast Cost 3.0. Ditambah kombinasi RAM 6GB LPDDR4X yang memberikan peningkatan performa 10 persen dari tipe sebelumnya. Selain itu pengguna juga akan dimanjakan dengan kemampuan multitasking yang dimilikinya.

Unduhan sport yang tergolong besar bisa ditampung melalui penyimpanan inner 128 GB UFS 2.1, yang masih dapat diperluas dengan kartu MicroSD hingga 256 GB. Untuk baterainya hape ini dilengkapi daya 5.000 mAh, dengan teknologi pengisian cepat 33W yang dapat mengisi daya perangkat secara penuh hanya dalam waktu 72 menit.

Baca Juga : Review Realme 8 Pro

Segi kamera, hape Oppo ini menawarkan tiga kamera di belakang. Ketiganya sudah dilengkapi dengan Synthetic Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Dengan fitur ini makan akan memudahkan pengguna dalam menggunakan kamera.

Lensa utamanya 48 MP, bokeh 2 MP, dan makro 2 MP untuk menangkap element yang lebih kecil. Sedangkan kamera depan hadir dengan 16MP yang dilengkapi fitur AI Beautification. Untuk ketersedian, A74 dijual dengan harga resmi Rp 3,499 juta. Perangkat ini tersedia dalam dua warna Prism Black dan Midnight Blue.

Oppo A74 5G

OPPO A74 5G Flash Sale Bundling W12

Oppo A74 5G diklaim menjadi hape 5G termurah saat ini di Indonesia. Namun begitu Spesifikasinya tidak bisa dianggap remeh. Ponsel ini menggunakan materials plastik dengan tampilan berkelas.

Dengan konsep Heat Tech, desain hape ini didasarkan pada tekstur matte yang dapat merefleksikan warna kilau metalik yang mengilap. Hape terbaru dari Oppo ini hadir dalam dua pilihan warna yaitu Fluid Black dan Area Silver.

Layarnya menggunakan LCD 90Hz Hyper Colour Display screen berukuran 6,49 inci. Berkonsep single punch gap, layarnya menggunakan resolusi FHD rasio 90,5 persen.

Oppo A74 5G menjadi hape pertama Oppo di Indonesia, yang mengusung platform Snapdragon 480 5G. Prosesor ini menghadirkan peningkatan 100 persen dibanding generasi sebelumnya. Snapdragon 480 5G memiliki 2 x 2.0 GHz ARM Cortex-A76 CPU dan 6 x 1.8 GHz ARM Cortex-A55.

Mendapingi chip Snapdragon 480 5G, hape ini juga mendukung komposisi dapur pacu dengan RAM 6 GB LPDDR4X, serta penyimpanan inner 128 GB dan slot eksternal microSD. Dapur pacunya semakin lengkap dengan keberadaan teknologi grafis GPU 650 MHz Adreno 619.

Untuk mengurangi panas berlebihan ketika digunakan pada jaringan 5G dilengkapi Multi-Cooling System dengan beberapa tabung grafit tebal. Sistem ini membuat pembuangan panas lebih efisien dan memungkinkan mengontrol suhu secara mandiri.

Kameranya didukung dengan 48 MP AI Quad Digital camera yang mencakup kamera utama 48 MP, huge angle 8 MP, hitam-putih (mono) 2 MP, dan makro 2MP serta kamera depan 16 MP untuk mengambil swafoto.

Kamera utamanya dapat memberikan kemampuan resolusi gambar sangat tinggi.

Hape ini hadir dengan platfrom ColorOS 11.1, berbasis Android 11 yang dibekali berbagai menu menarik yang mampu memberi rasa nyaman. Baterai besar 5.000 MAh. Harganya Rp 3,699 juta.

Oppo Reno5 F

Desain OPPO Reno5 F

Secara desain, Reno5 F memiliki desain berbeda di Reno5 collection. Tapi sejatinya, secara dimensi, desainnya dibuat sedikit lebih tebal dari generasi sebelumnya. Karena adanya pendingin khusus yakni, Multi Cooling-System untuk mendukung kebutuhan bermain sport agar lebih optimum.

Baca Juga : Spesifikasi Asus ROG Terbaru

Oppo Reno5 F sangat nyaman digunakan dalam waktu yang lama, ketebalannya hanya 7,8 mm dengan bobot 172 gram saja. Selain mudah dimasukkan ke dalam saku celana, perangkat ini juga nyaman digenggam dengan satu tangan.

Untuk warnanya sendiri Oppo Reno5 F hadir dengan dua varian warna yakni, Fluid Black dan Unbelievable Purple. Ukuran layarnya 6,43 inci dengan jenis panel AMOLED (screen-to-body 90,8 persen) yang secara kualitas memiliki tampilan yang terang dan kaya warna.

Selain itu, layarnya memiliki resolusi Full HD+ (2400 x 1080) dengan refresh charge 60 Hz dan Contact Sampling Fee as much as 180 Hz di Recreation Mode.

Untuk kebutuhan fotografinya, Oppo Reno5 F dibekali quad-camera dengan sensor utama 48 MP, ultra-wide 8 MP, lmakro 2 MP, dan mono 2 MP. Bagi penggemar selfie, ada kamera sebesar 32 MP di bagian depan.

Untuk mendukung performanya, Reno5 F mengandalkan chip MediaTek Helio P95 (12 nm) yang didukung RAM LPDDR4X sebesar 8 GB dan penyimpanan inner 128 GB. Chip ini memiliki konfigurasi CPU 2x Cortex A75 2.2 GHz + 6x Cortex A55 2.0 GHz, serta GPU PowerVR 9XM-HP8 970 Mhz.

Reno5 F memiliki banyak berbagai keunggulan dan fitur-fitur menarik yang cocok untuk diaplikasikan di keseharian. Dibanderol dengan harga Rp 4,299 juta, hape ini cukup value it untuk pengguna yang sedang mencari hape dikelas menengah.

Fahmi Permana
TERUSLAH BEKERJA KERAS. Sampai kamu tidak perlu memperkenalkan dirimu lagi pada siapa pun.