Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Terbaru

Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube? Ini adalah topik yang cukup jamak dibahas oleh pengguna internet saat ini, khususnya para YouTuber pemula.

Sebagian orang menganggapnya rumit, namun nyatanya banyak yang telah menghasilkan uang berlimpah dari media sosial berbagi konten video ini.

Nah, di artikel ini Saya akan membahas secara ringkas beberapa metode yang bisa Anda lakukan dalam menghasilkan uang di YouTube.

Khusus buat Anda para pemula, dalam artikel ini saya akan membahas beberapa hal berikut:

  • Penjelasan singkat apa itu YouTube.
  • Alasan mengapa menghasilkan uang dari YouTube.
  • 5 Cara mendapatkan uang dari YouTube.
  • Jenis konten yang disarankan untuk menghasilkan uang dari YouTube.
  • Starter Kit menjadi YouTuber

Simak selengkapnya bagaimana cara menghasilkan uang dari YouTube, dan penjelasan dari mana uang tersebut didapatkan YouTuber.

Apa Itu YouTube?

Cara mendapatkan uang dari YouTube

Jika Anda sering menggunakan internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan situs YouTube.com. Situs ini adalah media sosial berbasis video di mana kita bisa mengunggah video milik kita ke internet.

Dan kita juga bisa menonton video yang di-unggah orang lain ke YouTube secara gratis, dan ada juga versi premium-nya.

Saat ini YouTube.com menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dan menjadi salah satu penghasil uang yang sangat populer.

Salah satu alasan mengapa YouTube sangat digemari oleh pengguna internet adalah karena YouTube memberikan konten video yang terlihat nyata. Berbeda dengan konten gambar atau teks yang mungkin kurang terlihat ‘hidup’ di mata sebagian pengguna internet.

Berbagai konten video yang ada di situs YouTube diunggah oleh para penggunanya dengan tujuan yang berbeda-beda.

Ada pengguna YouTube yang mengunggah video untuk tujuan bersenang-senang, ada yang ingin mempromosikan bisnis dan event, ada yang bertujuan ingin berbagi kepada orang lain, dan lain sebagainya.

Semua pengguna internet pasti lebih suka dengan konten yang terlihat real dan atraktif, itulah sebabnya mengapa pengguna internet betah berlama-lama berada di YouTube.

5 Alasan Mengapa Memilih YouTube Sebagai Sumber Penghasilan

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Sudah tidak terhitung lagi banyaknya content creator yang ada di YouTube, termasuk yang berasal dari Indonesia. Sebut saja Dedy Corbuzier, Atta Halilintar, Jesicca Jane, Baim Paula, Jess No Limit, Raditya Dika, Arief Muhammad, dan lain sebagainya.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa sih alasan mereka menghasilkan uang dari YouTube?

Pada dasarnya, setiap orang punya pandangan yang berbeda-beda. Namun, setidaknya ada 5 alasan kenapa Anda harus mempertimbangkan YouTube sebagai media untuk mendapatkan uang, yaitu:

1. Orang Indonesia Suka Menonton

Alasan pertama ini bukan tanpa data. Menurut Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sebanyak 69,64% masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk menonton video.

Artinya, pengguna internet di Indonesia lebih banyak menonton video ketimbang hal lainnya, misalnya membaca artikel. Ini merupakan potensi yang sangat besar bagi para video creator untuk mendapatkan audiens dari YouTube.

2. Pengguna YouTube Sangat Banyak

Sebenarnya ada platform video lain selain YouTube, misalnya; vidio.com, Vimeo.com, Dailymotion.com, Facebook.com, dan beberapa lainnya.

Namun saat ini YouTube telah menguasai sekitar 90% market share pengguna internet di Indonesia. Dengan kata lain, sebagian besar pengguna internet lebih memilih YouTube untuk mencari konten video online.

3. YouTube Mengalahkan Televisi

Dalam waktu dekat diperkirakan pengguna YouTube akan menyaingi atau bahkan lebih banyak dibandingkan dengan orang yang menonton televisi.

Selain karena alasan kemudahan, konten di YouTube juga sangat beragam dan dapat dipilih sesuai dengan keinginan penonton.

Uniknya lagi, banyak kanal televisi Indonesia yang telah memiliki channel resmi di YouTube. Jadi, pengguna YouTube juga bisa menonton program televisi di platform ini.

4. Siapapun Bisa Jadi YouTuber

Menjadi seorang YouTuber tidak membutuhkan proses casting atau audisi. Inilah keuntungan menggunakan YouTube, semua orang bisa berkreasi sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Setiap orang memiliki kebebasan dalam menciptakan konten video (tentunya harus mengikuti TOS YouTube). Dengan kata lain, siapa pun bisa menjadi YouTuber dan menghasilkan uang dari video mereka.

5. Syaratnya Mudah

YouTuber tidak harus memiliki jutaan subscriber untuk bisa menghasilkan uang dari YouTube. Namun, tentu saja idealnya semakin banyak subscriber maka potensi pendapatan pun semakin tinggi.

Ada beberapa kebijakan dan syarat monetisasi YouTube yang harus dipenuhi oleh para YouTuber. Namun, secara umum syarat tersebut tidak sulit untuk dilakukan oleh setiap orang.

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Bagi para pemula, mungkin Anda bingung bagaimana cara para content creator tersebut bisa mendapatkan uang banyak dari YouTube?

Seperti prinsip bisnis yang kita ketahui selama ini, di mana ada keramaian maka di sana akan ada banyak uang atau potensi keuntungan.

Berikut ini adalah beberapa cara menghasilkan uang dari YouTube melalui program YouTube Partner:

  1. Pendapatan Iklan: menghasilkan uang dari iklan yang tayang di video Anda, baik itu iklan display, overlay, atau iklan video.
  2. Langganan Channel: mendapatkan uang dari pelanggan yang melakukan pembayaran bulanan secara berulang untuk menonton video Anda.
  3. Galeri Merchandise: penggemar Anda dapat mencari dan membeli merchandise bermerk resmi yang ditampilkan di halaman tonton Anda.
  4. Super Chat & Super Stickers: fitur YouTube di mana penggemar harus membayar agar pesannya diperjelas dalam streaming chat.
  5. YouTube Premium: mendapatkan uang dari bagian biaya langganan YouTube Premium saat pelenggan menonton konten Anda.

Sepengetahuan saya, sebagian besar YouTuber Indonesia menghasilkan uang di YouTube dari pendapatan Iklan yang tayang di video mereka.

Mungkin ada juga YouTuber Indonesia yang mendapatkan penghasilan dari YouTube premium, Galeri Merchandise, Super Chat & Super Stickers, dan Langganan Channel. Namun, saya belum ada data yang valid tentang metode tersebut.

Nah, karena alasan itulah maka saya hanya akan membahas tentang cara menghasilkan uang dari YouTube dengan metode Pendapatan Iklan.

Cara Mendapatkan Uang di YouTube Dari Pendapatan Iklan

Sekarang ini ada banyak sekali orang yang menghasilkan uang dari video-video yang mereka unggah ke YouTube. Bahkan ada orang yang menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah per bulan dari video yang mereka unggah ke YouTube.

Berbagai jenis video bisa kita temukan di YouTube, mulai dari video tutorial, video musik, video berita, video humor, video tentang sains dan teknologi, video dokumentasi seseorang ketika berlibur, video cuplikan film, dan banyak jenis video lainnya.

Kalau kita membuka situs YouTube, maka kemungkinan besar kita akan melihat iklan di sana, baik itu di bagian videonya ataupun di bagian side bar. Iklan tersebut biasanya tampil pada video-video yang jumlah views nya banyak.

Nah penghasilan si pemilik video ini berasal dari klik iklan atau jumlah tampilan iklan yang muncul di video tersebut. Lihat tampilan iklan YouTube di gambar berikut ini;

Cara-Mendapatkan-Uang-Dari-Youtube-01

Banyak YouTuber mendapatkan penghasilan hanya dengan membuat vlog tentang kehidupan mereka dan mendapatkan banyak penayangan dan komentar.

Ingin tahu bagaimana mereka melakukannya? Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui cara menghasilkan uang di YouTube.

1. Membuat Channel YouTube

Anda harus memiliki akun YouTube agar bisa membuat Channel YouTube. Tidak sulit untuk membuat akun YouTube, jika Anda pernah membuat akun di salah satu produk Google (misalnya Gmail.com) maka akun tersebut bisa kita gunakan untuk membuat akun di YouTube.

Langkah pertama adalah login ke akun Google Anda (misalnya Gmail), setelah itu buka situs YouTube.com. Nanti Anda akan melihat tampilan situs YouTube seperti gambar berikut ini,

Cara-Mendapatkan-Uang-Dari-Youtube-02.jpg

Langkah berikutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube Anda. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube.

Bila Anda ingin membuat Channel yang unik, sebaiknya menggunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website Anda atau nama khusus. Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti akan diarahkan ke halaman baru.

Lihat gambar,
Cara-Mendapatkan-Uang-Dari-Youtube-03.jpg.png

Pada halaman baru tersebut, masukkan nama Channel yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Lalu pilih kategori yang sesuai, jangan lupa centang bagian “I agree to the Pages Terms”, lalu klik “Done”. Lihat gambar,
Cara-Mendapatkan-Uang-Dari-Youtube-04

Setelah langkah di atas, kita akan diarahkan ke halaman Channel milik kita di YouTube. Selanjutnya kita bisa mengatur tampilan Channel tersebut, mulai dari menambahkan gambar untuk icon, menambahkan cover, dan pengaturan lainnya. Sampai di sini kita sudah berhasil membuat akun YouTube dan membuat Channel khusus.

Tips:

  • Buat nama channel yang unik, asli, singkat, dan mudah diingat. Jika sebelumnya Anda sudah memiliki channel, Anda dapat mengubah namanya menjadi lebih unik.
  • Gunakan kata kunci yang relevan yang akan menarik orang ke channel Anda. Anda dapat menambahkan kata kunci dengan membuka bagian Lanjutan di Pengaturan Channel Anda.

2. Mengupload Video ke YouTube

Agar bisa menghasilkan uang dari YouTube, kita harus memiliki konten video original yang di-upload ke Channel kita di YouTube. Konten video ini harus milik Anda sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari materi videonya (video clip, image, logo) sampai back-sound.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan ide konten video, kita bisa membuat video unik dengan merekam kegiatan sehari-hari yang unik. Misalnya kegiatan memancing, video tutorial, merekam saat bermain gitar, dan lain-lain.

Di bawah ini adalah salah satu contoh video unik yang banyak sekali ditonton di YouTube.

Rajinlah membuat dan mengunggah video unik ke Channel Anda, setidaknya Anda perlu mengunggah sekitar 100 – 200 video unik dan menarik ke YouTube untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan besar.

Semakin banyak video yang di-upload ke Channel Anda, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube.

Jngan pernah mengunggah materi video yang melanggar hak cipta orang lain ke dalam Channel YouToube Anda karena hal tersebut bisa membuat akun Anda bermasalah di kemudian hari.

Tips:

  • Konsistensi adalah kuncinya. Unggah konten berkualitas tinggi secara teratur.
  • Anda tidak akan mendapatkan perhatian penonton secara instant. Jadi, teruslah mempublish video secara teratur sehingga Anda menjadi lebih terlatih.
  • Tingkatkan kualitas konten dengan memakai kamera yang lebih baik.
  • Bila memungkinkan, gunakan software pengeditan video yang lebih baik.
  • Tambahkan tag pada setiap video Anda dengan kata kunci yang relevan. Dan jangan lupa menulis deskripsi yang menarik agar video Anda terlihat oleh orang yang mencari video sesuai konten Anda.

3. Membangun Audiens Channel YouTube Anda

Langkah ini sangat penting karena audiens yang besar akan menghasilkan lebih banyak uang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan popularitas Channel YouTube, di antaranya:

  • Rajin mengunggah video yang bermanfaat, unik, dan menarik.
  • Fokus mengunggah konten yang sesuai dengan niche atau minat Anda. Bila Anda memiliki keahlian dalam bermain gitar, maka fokuslah membangun video yang berhubungan dengan gitar. Misalnya Anda bisa membuat cover gitar untuk lagu penyanyi terkenal atau pemain gitar terkenal. Dengan begitu Channel Anda akan mudah dikenali oleh para pengguna YouTube.
  • Ajak audiens Anda untuk menjadi subscriber Channel YouTube Anda. Semakin banyak subscriber Anda maka peluang untuk mendapatkan views lebih banyak pada video-video Anda akan semakin besar.
  • Promosikan video atau Channel YouTube Anda ke media sosial lainnya, misalnya ke Facebook.
  • Berinteraksilah dengan audiens Anda dengan membalas komentar mereka dan sesekali membuat video berdasarkan permintaan mereka. Jika Anda menyapa pemirsa Anda secara langsung, kemungkinan mereka akan secara sukarela mempromosikan channel Anda dan membawa lebih banyak audiens.

4. Monetisasi Channel YouTube

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari YouTube. Namun sebagian besar orang lebih memilih iklan Google Adsense untuk memonetisasi konten video mereka.

Dengan melakukan monetisasi, YouTube dapat menempatkan iklan di video Anda. Ketika orang menonton video Anda sembari melihat iklan, Anda akan mendapatkan uang. Ini adalah langkah terpenting tentang cara menghasilkan uang di YouTube.

Anda bisa mengaktifkan fitur monetisasi pada channel YouTube Anda setelah memenuhi syarat. Sebaiknya baca dulu syarat monetisasi YouTube terbaru agar Anda lebih paham.

Mengaktifkan opsi monetisasi dan mengonfirmasi bahwa video Anda tidak melanggar hak cipta orang lain. Klik “My Channel”, lalu klik “Video Manager” di sana Anda akan melihat opsi mengaktifkan monetisasi.

5. Periksa Fitur Analitik

Buka menu “Your Channel” atau “Saluran Anda”.

Buka opsi Analitics dan perhatikan performa iklan yang muncul di video Anda. Di sini Anda akan melihat jumlah penghasilan, demografi, jumlah penayangan video, dan informasi lainnya.

Mengacu pada informasi dari Analitik tersebut, Anda dapat memodifikasi konten agar dapat meningkatkan subscriber dan penghasilan.

6. Promosikan Video Anda

Sebagian orang beranggapan bahwa tidak cukup hanya mengunggah video di YouTube. Bila diperlukan, Anda juga bisa membuat blog dan membuat akun media sosial lainnya untuk mempromosikan video Anda.

Misalnya, Anda bisa menyematkan video Anda di postingan artikel blog untuk mendapatkan perhatian dari lebih banyak orang. Anda juga bisa membagikan video Anda di Facebook, Instagram, dan Twitter.

7. Menjadi Mitra YouTube

Jika channel YouTube Anda telah memiliki total 15.000 jam view dalam 90 hari terakhir, maka Anda memiliki kesempatan menjadi mitra YouTube.

Ada banyak keuntungan menjadi mitra YouTube, seperti; akses ke banyak alat pembuat konten, mendapatkan dukungan dan kita sukses dari komunitas mitra YouTube lainnya.

Jenis Konten Untuk Mendapatkan Uang di YouTube

Pada dasarnya ada banyak sekali ide konten video yang bisa Anda buat. Selama konten tersebut tidak melanggar aturan YouTube, silahkan dikembangkan saja.

Namun, ada beberapa jenis konten yang telah terbukti memiliki banyak penonton di YouTube. Berikut ini beberapa jenis konten YouTube yang berpeluang mendapatkan banyak views di YouTube.

1. Video Tutorial

Sebagian besar pengguna YouTube pasti pernah menonton video tutorial. Entah itu tutorial yang berhubungan dengan teknologi, make up, memasak, dan tutorial lainnya.

Nah, buat Anda yang memiliki keahlian di suatu bidang, Saya menyarankan untuk membuat channel YouTube yang berisi tutorial.

Misalnya Anda adalah seorang make up artis, Anda bisa membuat video tutorial cara make up.

2. Video Review atau Unboxing

Konten berbentuk review atau unboxing produk merupakan jenis konten yang sangat banyak dicari di YouTube. Alasanya karena konsumen biasanya ingin mengetahui pengalaman orang lain yang telah menggunakan suatu produk sebelum membelinya.

Nah, jika Anda termasuk orang yang sering membeli barang-barang maka jenis konten review produk bisa menjadi salah satu ide konten video Anda.

3. Video Pengetahuan dan Tips

Apakah Anda punya hobi atau keahlian di bidang tertentu? Tentunya Anda memiliki pengetahuan dan tips tentang keahlian tersebut.

Anda bisa membagikan pengetahuan atau keahlian tersebut kepada orang lain melalui video YouTube. Misalnya Anda ahli di bidang keuangan, Anda bisa berbagi tips-tips mengelola keuangan kepada subscriber Anda.

4. Video Berisi List

Jenis video yang berisi list atau daftar ternyata cukup banyak penontonnya di YouTube. Misalnya, video tentang daftar orang-orang terkaya di dunia tahun 2021, daftar pemain sepak bola terbaik, daftar wanita tercantik di dunia, dan lain sebagainya.

Video yang berisi list atau daftar biasanya berupa potongan-potongan gambar, video, dan suara. Terkadang jenis video ini hanya berisi tulisan dan kolase foto-foto saja.

5. Video Inspirasi

Video yang berisi pesan-pesan inspirasi juga merupakan salah satu jenis video yang sangat banyak ditonton di YouTube. Misalnya, kisah sukses seorang guru Bahasa Inggris yang sukses berbisnis e-commerce, Jack Ma.

Tidak hanya itu, kisah hidup Anda sendiri juga bisa menjadi sumber inspirasi bagi orang lain. Khususnya bagi mereka yang sedang berjuang menghadapi masalah yang sama.

Starter Kit Seorang YouTuber

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Seorang YouTuber harus punya peralatan yang mumpuni agar bisa menghasilkan kualitas video yang berkualitas. Berdasarkan pengalaman banyak orang, berikut ini adalah beberapa peralatan yang harus dimiliki oleh seorang YouTuber.

1. Kamera

Sebagai awal, Anda bisa menggunakan kamera ponsel Anda. Mungkin kualitasnya akan terlihat kurang baik, namun ini bisa menjadi awal bila Anda kurang modal.

Namun bila Anda memiliki modal yang cukup, sangat disarankan untuk mempersiapkan kamera yang profesional. Sebaiknya video Anda direkam dalam kualitas 1080p HD untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Software Editing Video

Komputer masa kini memang memiliki perangkat lunak yang cukup baik, misalnya iMovie pada iMacs. Namun, dengan software seperti Adobe Premier, Final Cut Pro, Vegas, Lighworks, dan lainnya Anda bisa melakukan pengeditan yang lebih baik.

3. Mikrofon

Sebaiknya video Anda memiliki audio yang jelas agar orang lain dapat mendengarnya dengan baik. Memang sebagian besar kamera dilengkapi dengan mikrofon, namun jika kamera ANda tidak dilengkapi mikrofon yang baik maka Anda harus menyiapkan mikrofon tambahan.

4. Lighting

Pencahayaan merupakan faktor penting dalam membuat video yang berkualitas. Jika Anda melakukan shooting di dalam ruangan yang kurang pencahayaan, sebaiknya Anda membeli lampu cincin LED khusus.

Anda juga bisa menambah lampu di dalam ruangan di mana Anda melakukan pengembilan video.

5. Latar Belakang

Ini tergantung kebutuhan, tetapi YouTuber tertentu membutuhkan latar belakang atau background ketika merekam video. Jika membutuhkannya, Anda bisa mempersiapkan background yang polos dengan dekorasi minimal.

6. Ide Konten yang Konsisten

Sebaiknya semua ide konten Anda memiliki topik yang saling berhubungan. Misalnya Anda punya channel yang topiknya membahas tentang bisnis online, maka sebaiknya tetaplah pada topik tersebut.

Jangan membuat konten yang berbeda-beda topik atau tidak berhubungan. Ide konten yang setopik akan membuat penonton ANda menikmati channel Anda dan betah berlama-lama di sana.

7. Rasa Percaya Diri

Kegugupan dan terlalu percaya diri merupakan masalah ketika Anda membuat konten video. Pada umumnya, orang kurang suka menonton seseorang yang malu kamera atau terlalu percaya diri di kamera.

Kuncinya adalah menjadi diri sendiri. Mungkin pada awalnya banyak YouTuber merasa malu, namun seiring berjalannya waktu pada akhirnya mereka akan menemukan rasa percaya dirinya.

8. Sesuai Dengan Pasion

Channel yang dibuat berdasarkan passion atau ketertarikan di suatu bidang biasanya akan lebih sukses. Melakukan hal-hal yang Anda suka tidak akan pernah membuat Anda kehabisan ide konten karena tidak akan berhenti.

Berbeda jika Anda membuat konten video yang kurang Anda sukai. Kemungkinan besar Anda akan bosan dan malas menggali ide konten baru.

Semua Bisa Menghasilkan Uang dari YouTube

Jenis Konten YouTube

Kunci keberhasilan dalam bermain YouTube adalah kreativitas. Semakin banyak video kreatif dan menarik di dalam Channel Anda, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube akan semakin besar juga.

Tidak ada batasan penghasilan yang bisa Anda dapatkan, karena yang menentukan adalah keunikan, kualitas materi video, dan jumlah views video yang kita unggah ke YouTube.

Di atas tadi adalah beberapa langkah cara mendapatkan uang dari YouTube yang bisa Anda lakukan sekarang juga. Perlu diingat bahwa semua bisnis membutuhkan waktu agar menghasilkan, begitu juga dengan para YouTuber.

Jika Anda konsisten membangun konten menarik di YouTube, pasti akan tiba waktunya Anda menikmati penghasilan tak terbatas.

Selamat mencoba!

Fahmi Permana
TERUSLAH BEKERJA KERAS. Sampai kamu tidak perlu memperkenalkan dirimu lagi pada siapa pun.