30+ Contoh CV Lamaran Kerja Yang Benar dan Kreatif

Contoh CV Lamaran Kerja Yang Kreatif – CV (Curriculum Vitae)  selalu ditanyakan saat mencari atau melamar sebuah pekerjaan dimana pun dan dalam bidang apa pun. Namun kenyataannya masih banyak pencari kerja yang belum mengetahui bagaimana cara menulis atau membuat CV dengan benar. Hal ini bisa dikarenakan tidak ada contoh CV yang benar dan berkualitas untuk dijadikan referensi

Sebuah CV adalah kesan pertama diri pelamar kerja, karena pihak HRD akan melihat pelamar dari bentuk CV nya. HRD tidak menemui pelamar secara langsung sehingga menafsirkan pelamar dari CV dan dokumen yang dikirimkan. Membuat CV yang benar dan tepat akan meningkatkan kemungkinan dipanggil untuk proses selanjutnya.Pencari kerja harus mengetahui, komponen-komponen apa saja yang harus ada pada CV. Hal ini karena setiap perusahaan yang ingin merekrut karyawan pasti akan melihat CV-nya terlebih dahulu. Jika masih merasa bingung dalam menulis CV sebelum melihat contoh CV yang benar bisa pahami dulu hal-hal yang harus ada pada CV.

7 Hal Penting Yang Harus Dicantumkan Dalam CV Lamaran Kerja

CV dibuat bertujuan untuk memberikan informasi tentang pencari kerja kepada perusahaan atau institusi yang akan menerimanya. Jika melihat contoh CV yang sering digunakan, ada hal-hal tertentu yang harus dicantumkan dalam sebuah CV. Dengan tujuan perusahaan dapat

1. Data Pribadi

Data pribadi adalah data pertama yang harus dicantumkan dalam CV pencari kerja. Sebuah data yang menerangkan informasi-informasi diri pencari kerja, yang kedepannya dibutuhkan oleh HRD perusahaan yang menerima. Data pribadi berisi nama lengkap, tanggal lahir, usia, alamat nomor telepon dan nama email.

2. Deskripsi Diri

Bagian ini berisi hal menarik pada diri pencari kerja, saatnya untuk mempromosikan diri kepada HRD perusahaan yang membuka lowongan. Cobalah tarik minat HRD perusahaan tersebut dengan menerangkan keunggulan yang dimiliki secara ringkas dan menarik.

Dengan begitu HRD mampu menggambarkan diri pelamar kerja dengan tepat, karena lebih tahu tentang diri pencari kerja. Tulislah sekitar tiga atau empat kalimat ringkas yang bisa menarik perhatian HRD yang melakukan recruitment. Jika melakukan itu maka kesempatan diterima dalam proses recruitment tersebut lebih besar.

3. Riwayat Pendidikan Dan Pelatihan

Pendidikan sangat penting dicantumkan saat pencari kerja melamar pada lowongan pekerjaan formal yang professional. Mencantumkan riwayat pendidikan mulai SD, SM, SMA, Perguruan Tinggi adalah hal yang harus dilakukan. Lengkap dengan tahun masuk dan tahun kelulusan, hal ini penting dilakukan untuk menunjukkan prestasi pendidikan.

Selain pendidikan formal di atas, juga dipersilakan menuliskan riwayat pendidikan informal yang pernah diikuti. Pendidikan informal terutama yang berhubungan dengan posisi pekerjaan yang dilamar, sehingga mendukung keputusan HRD menerima pencari kerja.

4. Pengalaman Organisasi

Komponen selanjutnya yang harus ditulis dalam CV adalah pengalaman berorganisasi, yang berguna untuk melihat keaktifan pencari kerja. Ini akan menguntungkan fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja formal. HRD perusahaan akan melihat pengalaman organisasinya, sebagai tolak ukur keaktifan dalam bekerja sama dalam tim.

Cantumkan semua pengalaman organisasi terdiri dari jabatan dan nama organisasi yang diikuti. Dengan demikian HRD perekrut akan bisa mengetahui ketrampilan pencari kerja dan sebagai nilai tambah bagi mereka. Tuliskan secara detail jabatan atau kegiatan yang dilakukan dalam organisasi tersebut, agar mudah dimengerti.

5. Keahlian Tambahan

Tulis juga keahlian tambahan yang dimiliki, sebagai bahan pertimbangan bagi HRD yang melakukan rekrutment. Keahlian tambahan yang sering dicari seperti bahasa asing dan keahlian komputer atau yang akan mendukung pekerjaan.

Misalnya melamar posisi ahli gizi, sertifikasi HACCP dan ISO yang menunjukkan bisa memproduksi makanan dengan aman akan menjadi nilai tambah. Cantumkan saja semua kursus dan yang pernah diikuti yang membuat memiliki keahlian tambahan yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

6. Prestasi Yang Pernah Dicapai

Jangan lupa juga mencantumkan prestasi yang pernah dicapai, baik akademik maupun non akademik. Jelaskan apa prestasinya, tahun berapa mendapatkannya dan siapa yang menyelenggarakan, jika itu prestasi non akademik. Jika prestasi akademik tulis saja apa prestasinya, tahun berapa dan saat pendidikan apa prestasi tersebut dicapai.

7. Pengalaman Kerja Dan Referensi Perusahaan

Yang terakhir harus dicantumkan dalam CV sesuai contoh CV yang ada yaitu pengalaman kerja dan referensi dari perusahaan sebelumnya. Bagi pencari kerja yang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, hendaknya mencantumkan semua pengalaman kerja tersebut.

Sebutkan posisi pekerjaan yang pernah dijabat, nama perusahaan dan tahun mengabdi, serta alasan mengundurkan diri. Data ini nantinya didukung oleh surat referensi atau surat pengalaman kerja yang didapat dari perusahaan sebelumnya. Tulis dengan lengkap semua pengalaman kerja yang telah dilakukan.

Itulah 7 hal yang harus ditulis dalam CV untuk terutama untuk CV lamaran kerja.  Jika masih merasa bingung bisa membuat CV dengan melihat contoh CV yang sudah ada, perhatikan komponen-komponen yang ditulis di sana. Semakin lengkap komponen yang ditulis, maka akan semakin besar peluang diterima pekerjaan.

Setelah mengetahui komponen yang harus ada pada CV penting diketahui juga bagaimana langkah menulis CV yang benar. Jika mengalami kesulitan untuk membayangkan format CV yang dimaksud, bisa melihat contoh CV yang banyak tersedia saat ini. Berikut ini langkah menulis CV yang benar agar diterima oleh HRD perusahaan perekrut karyawan:

  • Gunakan kertas putih polos: Untuk sebuah Cv yang digunakan sebagai berkas kelengkapan lamaran pekerjaan sebaiknya menggunakan kertas putih polos. Ukuran yang digunakan ialah kertas A4 80 gram, hal ini agar fokus pembaca CV pada isinya bukan kertasnya.
  • Buatlah tampilan rapi dan indah: Meskipun resmi dan sesuai format tetap harus memperhatikan tampilan agar tampak indah. Buatlah format CV sesuai contoh dengan rapi dan indah sehingga menarik perhatian HRD.
  • Perhatikan pemilihan font (jenis huruf). Untuk font CV biasanya digunakan font resmi seperti times new roman atau arial dengan ukuran 11 pt atau 12 pt. Hal ini karena font sangat mempengaruhi kesan sebuah CV yang dibuat.
  • Gunakan tata bahasa, tanda baca dan ejaan sesuai EYD. Dalam menulis CV harus menggunakan tata bahasa dan ejaan sesuai EYD agar mudah dipahami oleh pembaca. Jangan menggunakan bahasa yang tidak baku dan sulit dimengerti oleh pembaca.
  • Gaya eksplisit lebih baik. Gunakan penulisan kalimat yang detail dan jelas saat membuat CV, jangan gunakan kiasan-kiasan yang rumit. Tulis data sesuai fakta sehingga tidak menimbulkan pertanyaan dan menimbulkan arti yang ambigu.
  • Buat tidak lebih dari 2 halaman. CV bukanlah cerita pendek yang bertele-tele sehingga menjadi sangat panjang. Buatlah seperti contoh CV yang ada dengan singkat dan jelas sehingga tidak menjadi berlembar-lembar.

Lakukan 7 langkah menulis di atas maka akan menghasilkan CV yang benar sesuai dengan contoh CV. Jika CV sudah ditulis dengan benar dan sesuai maka kemungkinan diterima kerja akan lebih tinggi. Untuk lebih jelasnya lebih baik langsung melihat contoh CV dalam berbagai versi yang akan diulas ditampilkan di bawah ini.


Contoh CV Lamaran Kerja Dalam Berbagai Versi

Banyak contoh CV yang bisa diikuti, semuanya harus disesuaikan dengan kebutuhan pemakaiannya. Hal itu karena setiap kepentingan pasti akan membutuhkan CV yang berbeda pula supaya terjadi kesesuaian bentuk CV yang digunakan. Berikut ini contoh CV dalam berbagai versi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan penggunaan CV:

Contoh CV Lamaran Kerja Dokter Rumah Sakit

Curriculum vitae yang disertakan untuk lamaran kerja di rumah sakit harus dibuat menurut panduan, formal dan terlihat resmi. Berikut ini contoh CV lamaran kerja untuk posisi dokter tetap di rumah sakit:

CV Lamaran Kerja Dokter Rumah Sakit

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

  • Nama: Chandra Tris Fajar Uji Putra
  • Tempat Tanggal Lahir: Magetan, 3 Juni 1986
  • Alamat: Jalan Simogunung kramat Timur Nomor 6, Surabaya
  • No Hp: 0817262533930
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
  • Agama: Islam
  • Kewarganegaraan: Indonesia
  • Status: Belum Menikah
  • Email: [email protected]
  • Hobi: Membaca
  • Kesehatan: Baik
  • Pendidikan Terakhir: Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Unibraw Malang

PENDIDIKAN FORMAL

  • 1992-1998 SDN 1 Magetan
  • 1998-2001 SMP 3 Takeran
  • 2001-2004 SMA 2 Madiun
  • 2004-2010 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang

PELATIHAN DAN SEMINAR

  • Pelatihan BCLS Di UGD RS Saiful Anwar Malang
  • Pelatihan EKG DI RS Husada Utama

  Contoh Surat Permohonan

PENGALAMAN KERJA

  • Dokter jaga UGD RSUD Magetan
  • Dokter praktek pribadi
  • Dokter pengganti di PUSKESMAS Takeran

PRESTASI

  • Olimpiade Sains Tingkat Universitas Peringkat 1 Tahun 2005
  • Karya Ilmiah Remaja Antar Universitas Se Indonesia Juara 3 Tahun 2006
  • Lomba Cerdas Cermat Di Universitas Antar Fakultas Juara Umum Tahun 2008

Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenarnya dan secara sadar, agar bisa dijadikan pertimbangan untuk lamaran kerja saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Tanda Tangan

Chandra Tris FUP

Itulah contoh CV yang dibuat dengan tujuan sebagai dokumen pelengkap lamaran kerja di rumah sakit. Harus jelas, dan tulis semua data pendukung yang sesuai dengan lowongan dokter di rumah sakit. Dengan data pendukung yang sesuai maka akan meningkatkan kemungkinan untuck dipanggil wawancara dan mengikuti proses selanjutnya.


Contoh CV / Curriculum Vitae  

Curriculum Vitae

Data Pribadi

Nama : Muhammad Salim
Tempat, Tanggal Lahir : Banten, 23 Mei 1992
Alamat : Perumahan Asri No. 23, Banten
No. HP : 0821 3646 8882
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Status : Belum Menikah
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Pendidikan Formal:

  • 2007 sampai dengan 2011      :  IAIN Jogja IPK 3,7
  • 2003 sampai dengan 2007      :   SMA Negeri Purwodadi;
  • 2000 sampai dengan 2003      :   SLTP Negeri  Purwodadi;
  • 1997 sampai dengan 2000      :   SD Negeri Purwodadi ;

Pendidikan Non Formal:

  • 2011 : Balatker Keahlian Komputer di Grobogan
  • 2005 : Pelatihan kepemimpinan Di Learning Of Leadership VOA Jakarta

Pengalaman Organisasi

  • 2005 sampai dengan 2006 : Ketua Karangtaruna Desa Purwodadi
  • 2002 sampai dengan 2003 : Ketua OSIS di SMA Negri Purwodadi

Keahlian Tambahan

  • Keahlian Komputer ( MS Word, Ms Excel, Ms Powerpoint )
  • Keahlian Bahasa Inggris Listening, speaking, writing

Demikian Curriculum Vitae yang dapat saya sampaikan. Untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Hormat saya,

  Muhammad Salim 


Contoh CV Menarik Untuk Kerja Di Bank

Kedua adalah contoh CV untuk mengisi lowongan pekerjaan di Bank, yang dibuat resmi dan formal juga. Lowongan di Bank biasanya tidak mempedulikan pendidikan terakhir, semua jurusan bisa melamar di Bank. Asalkan memenuhi kualifikasi yang telah dicantumkan pada lowongan pekerjaan yang diumumkan.

CV Menarik Untuk Kerja Di Bank

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

  • Nama: Anita Nihlawati
  • Tempat, Tanggal Lahir : Badung, 13 Mei 1991
  • Kewarganegaraan : WNI
  • HP :  08962901739
  • Jenis Kelamin :  Perempuan
  • Status Perkawinan : Menikah
  • Agama    :  Islam
  • Kesehatan :  Baik
  • Alamat Lengkap : Badung Village A10, Badung, Bali
  • Pendidikan Terakhir : S1 Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta

RIWAYAT PENDIDIKAN

  • 1997 – 2000 : SD N 1 Badung
  • 2000 – 2003 : SMP Pratama Badung
  • 2003 – 2006 : SMA Pratama Badung
  • 2006 – 2013 : Program S1 Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta

PENGALAMAN KERJA

  • Bekerja di PT. BANK ARTOREJO Tbk. Yogyakarta Sebagai Teller Februari 2013 – Agustus 2016
  • Bekerja di KSP Mudah Yogyakarta sebagai Petugas Pembukuan September 2016 – Februari 2017
  • Bekerja di PT. PERMATA JATI sebagai Kepala Keuangan Februari 2017 – Sekarang

PRESTASI

  • Juara Atlet Remaja PON Kaltim (2007)
  • Atlet Pelatda Provinsi Jawa Barat ( 2005 – 2010 )
  • Seleksi Atlet Pelatnas Cabor Badminton ( 2007 – 2010 )
  • Juara Cerdas Cermat Antar Mahasiswa Sastra Indonesia UNY (2010)

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya sebagai informasi pendukung dan pertimbangan untuk lamaran saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

Hormat saya,

Anita Nihlawati

Itulah Contoh CV yang cocok sebagai pelengkap surat lamaran di bank terbaru, lengkap dan lugas. Buatlah semenarik mungkin sehingga bisa menarik minat HRD untuk memanggil ke tahap selanjutnya.

Contoh CV Fresh Graduate

Tidak jarang beberapa perusahaan membuka lowongan untuk fresh graduate juga, hal ini karena gaji yang dibayar bisa lebih kecil. Selain gaji lebih kecil, mahasiswa yang baru lulus memiliki wawasan baru akan keilmuan mereka. Berikut ini contoh CV untuk fresh graduate yang ingin melamar pekerjaan:

CV Fresh Graduate

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

  • Nama: Azzahra Calbi HD
  • Tempat Tanggal Lahir: Malang, 3 Juni 1986
  • Alamat: Jalan Simogunung kramat Timur Nomor 6, Surabaya
  • No Hp: 081234567
  • Jenis Kelamin: Perempuan
  • Agama: Islam
  • Kewarganegaraan: Indonesia
  • Status: Menikah
  • Email: [email protected]
  • Hobi: Belanja
  • Kesehatan: Baik
  • Pendidikan Terakhir: Pendidikan D3 Pariwisata Universitas Merdeka Malang

PENDIDIKAN FORMAL

  • 1992-1998 SDN 1 Landungsari Malang
  • 1998-2001 SMP 3 Malang
  • 2001-2004 SMA 2 Malang
  • 2004-2010 Fakultas Pariwisata Unmer Malang

PENDIDIKAN INFORMAL

  • Kursus Bahasa Inggris Di Kampung Inggris Pare
  • Kursus Komputer Microsoft Word Dan Excel

PRESTASI

  • Olimpiade IPS Universitas Peringkat 1 Tahun 2005
  • Karya Ilmiah Remaja Antar Universitas Se Indonesia Juara 3 Tahun 2006
  • Lomba Cerdas Cermat DI Universitas Antar Fakultas Juara Umum Tahun 2008

Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenarnya dan secara sadar, agar bisa dijadikan pertimbangan untuk lamaran kerja saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Tanda Tangan

(Azzahra Calbi HD)

Nah, itulah contoh CV untuk fresh graduate yang ingin mulai melamar pekerjaan. Perbedaan CV fresh graduate terletak pada tidak adanya pengalaman kerja di sana, berbeda dengan CV pelamar yang sudah berpengalaman. Untuk menambah nilai atau menggantikan pengalaman kerja, bisa dituliskan seminar dan pelatihan yang pernah diikuti.

Contoh CV Unik Untuk Guru TK

Seperti pekerjaan guru TK yang membutuhkan kreatifitas tinggi untuk mendidik anak-anak. Membuat CV untuk lowongan guru TK pun harus dibuat unik dan menarik. Berikut ini contoh CV untuk guru TK:

CV Unik Untuk Guru TK

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

  • Nama: Diah Mardiani
  • Tempat Tanggal Lahir: Magetan, 3 Juni 1986
  • Alamat: Jalan Simogunung kwagean Timur Nomor 6, Surabaya
  • No Hp: 081234567689
  • Jenis Kelamin: Perempuan
  • Agama: Islam
  • Kewarganegaraan: Indonesia
  • Status: Menikah
  • Email: [email protected]
  • Hobi: Membaca
  • Kesehatan: Baik
  • Pendidikan Terakhir: D3 Pendidikan TK Universitas Negeri Surabaya

PENDIDIKAN FORMAL

  • 1992-1998 SDN 1 Simo
  • 1998-2001 SMP 3 Surabaya
  • 2001-2004 SMA 2 Surabaya
  • 2004-2010 Fakultas Keguruan Universitas Negeri Surabaya

PENDIDIKAN NON FORMAL

  • Kursus Bahasa Inggris
  • Kursus Bahasa Jepang
  • Kursus Komputer

PENGALAMAN KERJA

  • Guru TK Tunas Bangsa 2010-2012
  • Pengajar Bimbingan Belajar Membaca 2012-2014
  • Guru TK Tunas Muda Surabaya 2014 – sekarang

PRESTASI

  • Lomba senam Peringkat 1 Tahun 2003
  • Lomba Puisi SMA Se Indonesia Juara 2 Tahun 2002
  • Lomba Menyanyi Universitas Antar Fakultas Juara Umum Tahun 2008
  • Lomba Menari Di Universitas Juara 3 Tahun 2009

Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenarnya dan secara sadar, agar bisa dijadikan pertimbangan untuk lamaran kerja saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Tanda Tangan

Diah Mardiani

Nah, sangat mudah bukan membuat CV, hanya perlu menuliskan data yang sebenarnya saja. Jangan sekali-sekali berbohong saat menulis CV karena akan tidak baik hasilnya. Buat semakin unik untuk menunjukan betapa kreatifnya pelamar kerja, sehingga cocok mengisi lowongan guru TK yang ada.

Contoh CV Sederhana Untuk Satpam

Untuk lowongan pekerjaan satpam, dibutuhkan CV yang sederhana memuat data diri lengkap dan data pendukung lainnya. Berikut ini contoh CV untuk lowongan satpam:

CV Sederhana Untuk Satpam

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

  • Nama: Chandra Tris Fajar Uji Putra
  • Tempat Tanggal Lahir: Magetan, 3 Juni 1991
  • Alamat: Jalan Simogunung kramat Timur Nomor 6, Surabaya
  • No Hp: 081235374748
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
  • Agama: Islam
  • Kewarganegaraan: Indonesia
  • Status: Belum Menikah
  • Email: [email protected]
  • Hobi: Ikut Bela Diri
  • Kesehatan: Baik
  • Pendidikan Terakhir: SMK Tunas Bangsa Jurusan Mesin

PENDIDIKAN FORMAL

  • 1997-2003 SDN 1 Magetan
  • 2003-2007 SMP 3 Takeran
  • 2007-2010 SMK 2 Madiun

PENDIDIKAN NON FORMAL

2012 Pendidikan Dan Pelatihan Satpam Di Madiun

2013 Kursus Bahasa Inggris Di EF

PENGALAMAN KERJA

  • Pegawai Foto Kopi
  • Operator Mesin Percetakan
  • Satpam Rumah Sakit Swasta

PRESTASI

  • Kejuaraan Pencak Silat Daerah Peringkat 1 Tahun 2005
  • Lomba Pencak Silat Nasional Juara 3 Tahun 2006
  • Lomba Cerdas Cermat Di Sekolah Juara Umum Tahun 2008

Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenarnya dan secara sadar, agar bisa dijadikan pertimbangan untuk lamaran kerja saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Tanda Tangan

Chandra Tris Fajar UP

Itulah contoh CV untuk pelengkap dokumen lowongan pekerjaan sebagai satpam. Harus dibuat sederhana karena memudahkan untuk memeriksanya.


Download Contoh CV Word.Doc dan PPT Template

Download 1

Download 2


Cara Membuat CV yang Baik dan Menarik

Cara-Membuat-CV-yang-Baik-dan-Menarik

Membuat CV merupakan proses awal sebelum kamu melamar kerja di perusahaan yang kamu inginkan. CV yang memikat hati HRD adalah modal yang harus kamu punyai untuk beroleh pekerjaan yang kamu idam-idamkan.

Jika kamu masing bingung bagaimana langkah untuk membawa  CV yang menarik, maka jangan khawatir. Berikut ini adalah tahap demi tahap yang harus kamu melaksanakan didalam membawa dampak CV agar menarik.

Langkah 1 : Melakukan Job Research

Melakukan Job Research mempunyai tujuan untuk sadar secara cermat perihal informasi perusahaan dan pekerjaan yang bakal kamu lamar. Langkah awal ini benar-benar mutlak sebelum saat kamu terasa membawa dampak CV. Beberapa hal yang harus kamu memperhatikan :

  • Cari informasi perihal syarat melamar kerja. Catat informasi-informasi mutlak berkaitan dengan syarat-syarat pelamar dan hal-hal yang terkait dengan posisi yang di tawarkan seperti keterampilan yang harus kamu miliki, usia dan pengalam kerja yang harus kamu penuhi.
  • Gali informasi perihal perusahaan sebanyak-banyaknya. Dalam profil perusahaan, umumnya terdapat visi, misi, dan nilai-nilai yang benar-benar dijunjung tinggi oleh perusahaan tersebut. Serta etos kerja karyawan di perusahaan tersebut terhitung harus kamu cermat terlebih dahulu.

Langkah 2 : Cari Informasi Tentang CV

Setelah kamu sadar informasi secara cermat dan lengkap perihal perusahaan yang bakal kamu lamar, kini saatnya untuk menggali informasi perihal CV yang bakal kamu buat.

Walaupun kamu sudah memahami apa itu CV, tapi kamu terhitung harus selalu mengupdate informasi perihal CV. Oleh karena itu, melaksanakan beberapa langkah tersebut ini :

Ketahui Isi CV pada umumnya. Bagi kamu yang notabane frash graduete, sadar isikan CV pada umumnya merupakan langkah yang bakal mempermudah kamu didalam membawa dampak CV. Pada umumnya hal-hal yang terdapat didalam CV adalah sebagai tersebut :

  • Identitas diri – nama lengkap, alamat, nomor telepone, dan alamat email.
  • Pendidikan – pendidikan terakhir, jurusan, dan IPK
  • Personality – pembawaan dan pembawaan yang kamu miliki
  • Proyek dan pengalaman kerja – hal yang udah kamu melaksanakan terhadap pekerjaan sebelumnya
  • Training / pelatihan – pelatihan yang udah kamu ikuti 2 – 3 tahun terakhir
  • Informasi lain perihal diri kamu – hobi, referensi atau hal lain perihal diri kamu yang terkait dengan pekerjaan yang bakal kamu lamar.

Langkah 3 : Mulai Membuat CV

Setelah kamu peroleh informasi perihal CV dan menentukan desain yang sesuai dengan selera kamu, kini saatnya kamu terasa membawa dampak CV. Apabila kamu melaksanakan langkah pertama dan kedua dengan baik, kamu bakal lebih enteng didalam membawa dampak CV. Untuk itu tersedia lebih dari satu langkah yang harus kamu ikuti :

  • Cantumkan identitas diri terhadap bagian atas. Bagian pertama yang kamu tulis terhadap anggota atas CV adalah nama lengkap, alamat rumah, nomor telpon, dan alamat email. Jangan lupa untuk menyertakan foto paling baru kamu. Agar keluar lebih profesional.
  • Tulis jenjang pendidikan dengan singkat dan jelas. CV mencantumkan jenjang pendidikan berasal dari TK hingga dengan perguruan tinggi. Namun untuk CV saat ini cuma dicantumkan jenjang pendidikan terakhir atau jenjang pendidikan yang berkaitan dengan pekerjaan yang bakal dilamar.
  • Deskripsikan keterampilan dan pencapaian kamu. Agar lebih menarik, kamu bisa membawa dampak diagram, grafik atau rating untuk menyatakan secara cermat keterampilan dan pencapaian yang udah kamu capai. Cara ini lebih efisien dan efisien serta membawa dampak CV keluar lebih menarik perhatian pembaca.
  • Sebutkan secara spesifik pengalaman kerja dan pelatihan yang udah kamu ikuti. Tulis pengalaman kerja dengan bhs yang semenarik kemungkinan dan tidak membosankan. Kaitkan dengan pekerjaan yang tengah kamu lamar agar kelihatan lebih relevan dan membuktikan bahwa kamu adalah kandidat yang berpotensial.

Langkah 4 : Koreksi Kembali CV Kamu

Jangan pernah bernapas legah sesudah membawa dampak CV. Langkah selanjutnya yang harus kamu melaksanakan adalah bagaimana caranya CV tersebut lebih menarik lagi. Bagian ini benar-benar mutlak di mana kamu bakal melaksanakan proofreading yang bakal menaikkan kualitas CV kamu.

  • Perbaiki tata bahasa dan ejaan. Saat membaca ulang CV, kamu harus memperhatikan tata bhs dan ejaan berasal dari setiap kata yang udah kamu tulis. Hindari penggunaan bhs gaul. Gunakanlah bhs sesuai dengan EYD.
  • Buat kata-kata jadi lebih singkat dan efektif. Dalam membawa dampak CV, kamu bercerita perihal diri kamu dengan kata-kata yang singkat dan efektif, bukan didalam wujud paragraf yang panjang dan bertele-tele.Langkah 5 : Analisis CV Kamu

Setelah kamu membaca dan melakukan perbaikan tata bhs dan ejaan, langkah selanjutnya yang harus kamu melaksanakan adalah sebagai tersebut :

  • Baca CV seolah-olah kamu adalah seorang HRD.
  • Minta orang lain untuk membaca CV kamu. Jika kamu belum terasa suka dengan penilaian yang kamu lakukan, datangi seseorang yang udah berpengalaman didalam melaksanakan rekruitmen. Perlihatkan CV yang kamu bikin dan mintalah orang itu untuk memberi tambahan penilaian terhadap CV yang udah kamu buat.

Kesalahan-Dalam-Menulis-CV

Dalam membuat CV detail sangat penting untuk diperhatikan, komponen yang harus ada juga jangan sampai terlewatkan. Namun meskipun sudah mengetahui komponen-komponen yang harus ditulis tetap saja masih sering terjadi kesalahan saat menulis CV jika tidak melihat contoh CV. Berikut kesalahan yang sering terjadi dalam menulis sebuah CV:

  • Salah ketik atau typo. CV adalah sebuah cerminan dari pembuatnya, typo atau salah ketik bisa jadi penafsiran buruk pada pembuatnya. Teliti kembali CV yang dibuat sebelum memutuskan untuk menekan print out, agar CV yang dihasilkan sempurna tanpa kesalahan ketik.
  • Format terlalu kreatif. Membuat CV harus disesuaikan dengan perusahaan yang dituju, atau kepentingan yang dilakukan. Menulis CV untuk melamar pekerjaan tentu akan berbeda dengan CV untuk keperluan presentasi seminar. Untuk lamaran pekerjaan jangan menggunakan format yang terlalu kreatif, karena akan terlihat tidak professional.
  • Data yang ditulis tidak valid. Tulis data sesuai fakta yang nantinya didukung oleh dokumen yang dimiliki. Seperti data diri didukung dengan KTP, data pendidikan didukung ijazah dan lainnya/
  • Satu CV untuk semua lamaran. Seperti tadi sudah dibahas, beda perusahaan seharusnya menggunakan CV yang berbeda. Hal ini karena kualifikasi setiap perusahaan berbeda-beda.
  • Terlalu bertele-tele. CV bukan prosa yang ditulis dengan bahasa bertele-tele sehingga membosankan saat dibaca oleh HRD. Jadi jangan tulis CV dengan bertele-tele agar lamaran pekerjaan bisa diterima.
  • Baca Kembali dan Analisis CV KamuDalam menganalisis CV lamaran kerja yang telah kamu buat, kamu dapat berperan seolah-olah menjadi seorang HRD yang akan membaca CV tersebut. Apakah informasinya sudah cukup jelas, apakah kata-katanya sudah enak dibaca, apakah desainnya nyaman di mata, dan pastikan tak ada typo sama sekali.

Setelah mengetahui komponen, langkah membuat, contoh CV dan kesalahan yang sering terjadi tentu akan mempermudah dalam membuat CV ke depannya. Dengan semakin banyak melihat referensi contoh CV maka akan lebih lancar saat harus membuat sebuah CV. Format dan isi yang benar dalam membuat CV sangat besar pengaruhnya bagi yang melihatnya dan mempengaruhi kesuksesan pembuatnya.

Fahmi Permana
TERUSLAH BEKERJA KERAS. Sampai kamu tidak perlu memperkenalkan dirimu lagi pada siapa pun.