15 Ide Usaha Jasa Terlaris di Tahun 2021 dan Masa Depan

Menjalankan sebuah usaha jasa adalah pilihan yang tepat bila Kamu ingin memulai bisnis tapi terkendala dengan modal. Anda bisa menjalankan bisnis di bidang jasa dengan menawarkan keahlian atau kemampuan di bidang tertentu kepada orang lain.

Sebenarnya ada banyak sekali ide usaha jasa yang bisa dilakukan, apalagi kita ada di era bisnis online seperti sekarang. Namun, Anda harus menemukan usaha jasa apa yang paling tepat untuk dijual agar peluang sukesnya lebih besar.

Dan tentunya Anda harus memiliki keahlian atau kemampuan di bidang jasa tersebut dan memperhatikan kebutuhan masyarakat terhadap suatu jasa.

Ide Usaha Jasa yang Menjanjikan

Berdasarkan riset kecil-kecilan yang saya lakukan, setidaknya ada 15 ide usaha jasa yang menguntungkan dan sangat laris saat ini dan di masa depan. Yuk, simak artikelnya sampai akhir, siapa tahu salah satunya cocok untuk Anda kerjakan.

Berikut ini adalah 5 bisnis di bidang jasa yang bisa dijadikan sebagai inspirasi:

1. Jasa Penulisan Artikel

Apakah Anda punya minat atau keahlian di bidang menulis? Kalau iya, maka Anda bisa memanfaatkannya sebagai ladang bisnis lho.

Jasa penulisan artikel
Via Freepik.com

Salah satu contoh bisnis dari hobi atau keahlian menulis adalah menjual jasa penulisan artikel.

Seperti kita ketahui, sekarang ini jamannya online. Rata-rata pebisnis berlomba-lomba membuat konten untuk website atau blog mereka.

Umumnya para pebisnis tersebut kesulitan atau tidak punya waktu untuk membuat konten yang berkualitas dan menarik. Nah, ini merupakan ladang bisnis yang sangat empuk bagi para penulis lepas.

Modal yang Anda perlukan juga tidak banyak kok, bahkan nyaris tanpa modal uang. Selain kemampuan menulis, kuota internet, laptop/ ponsel, Anda juga perlu banyak bersosialisasi dan belajar cara memasarkan jasa.

Sebagai awal, Anda bisa memasarkan jasa penulisan artikel di situs marketplace freelance Indonesia atau forum blogger, seperti:

  • Freelancer.co.id
  • Projects.co.id
  • Sribulancer.com
  • Fastwork.id
  • Ads.id

2. Usaha Jasa Pemasaran Online

Ketika membaca “jasa pemasaran online” kebanyakan orang pasti berpikir bahwa ini merupakan bisnis yang sangat sulit dilakukan. Bisa iya, bisa juga tidak.

Bisnis jasa promosi online
Via Google Images

Bagi Anda yang belum tahu, pemasaran online itu ada banyak sekali lho jenisnya. Ada sebagian pemasaran online yang mudah dilakukan dan ada juga pemasaran online yang hanya bisa dilakukan oleh profesional atau internet marketing agency.

Baca Juga : Ide Bisnis Online Modal Kecil

Beberapa contoh pemasaran online di antaranya:

  • SEO (Search Engine Optimization)
  • SEM (Search Engine Marketing)
  • Social Media Marketing
  • Online ads
  • Email Marketing
  • Bisnis jasa Endorse
  • Jasa review
  • Jasa influencer
  • Dan lain-lain

Nah, mari kita fokus saja pada jasa pemasaran online yang mudah untuk dilakukan. Contoh jasa pemasaran online yang menurut saya sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja adalah jasa review dan jasa influencer.

Jenis usaha jasa review sangat cocok dijalankan oleh para blogger, khususnya blogger yang ingin memperoleh penghasilan tambahan selain Adsense. Sedangkan jasa influencer sangat cocok dilakoni oleh mereka yang sering bermain sosial media.

Salah satu contoh pelaku usaha jasa review yaitu Ayusini, silahkan dililhat websitenya ya. Situs Ayusini.com menawarkan jasa review dan jasa pasang iklan Google bagi para pemilik bisnis yang ingin situs bisnisnya mendapat ulasan dan trafik.

Anda bisa menjual jasa review atau jasa influencer dengan menawarkan jasa melalui situs-situs marketplace berikut:

  • Sociabuzz.com
  • Sosiago.id
  • Fastwork.id
  • Allstars.id
  • Partipost.com/id
  • Hiip.asia/id
  • Rajabacklink.com
  • Indimart.id

Buka situsnya satu per satu, pelajari, dan pilih satu atau dua situs yang paling sesuai dengan usaha jasa pemasaran online yang bisa Anda kerjakan.

3. Jasa Penerjemah

Sebenarnya usaha jasa penerjemah merupakan salah satu jenis bisnis yang sudah sangat mainstream. Namun, bisnis jasa terjemah ini masih cukup menjanjikan lho guys.

Peran seorang penerjemah bahasa asing masih sangat penting, meskipun saat ini masyarakat sudah jamak menggunakan aplikasi Google Translate.

Jasa penerjemah
Gambar ini menunjukkan bahwa jasa penerjemah masih sangat dibutuhkan

Dengan berbekal kemampuan yang baik dalam berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, Anda memiliki peluang untuk membuka jasa penerjemah.

Selain kemampuan menerjemahkan bahasa asing dengan baik, menjalankan usaha jasa yang satu ini membutuhkan perangkat laptop, kuota internet, dan smartphone untuk berkomunikasi dengan klien.

Beberapa layanan yang biasanya dilakukan oleh jasa penerjemah di antaranya; translate dokumen, proofreader, transkrip, interpreter pertemuan, subtittle video, dan dubbing.

Sedangkan beberapa bahasa yang sering membutuhkan jasa penerjemah di antaranya: Inggris, Mandarin (Cina), Korea, Jepang, Arab, Spanyol, Turki, Jerman, Rusia, Prancis, Italia, Belanda, Myanmar, Vietnam, dan Thailand.

Anda bisa melakukan promosi sebagai seorang translator di berbagai forum yang ada di media sosial, bisa forum untuk freelancer atau forum khusus translator.

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan jasa terjemah di beberapa situs marketplace, seperti:

  • Fastwork.id
  • Sribulancer.com
  • Freelancer.co.id

4. Usaha Jasa Desain Grafis

Desain grafis adalah proses mengombinasikan ilustrasi, tipografi, fotografi dan cetak untuk tujuan persuasif (mengajak) dan memberikan informasi atau perintah. Kita juga mengenal desain grafis dengan sebutan desin komunikasi visual.

Usaha Jasa Desain Grafis
Via Google Images

Situs website, media sosial, dan aplikasi mobile sangat sering menggunakan konten grafis. Dan sebagian besar komponen promosi membutuhkan grafis atau gambar untuk melengkapi konten, baik itu untuk media promosi offline maupun online.

Baca Juga : Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Beberapa contoh produk yang membutuhkan desain grafis, di antaranya; logo, brosur, katalog, presentasi, kemasan, signage, desain kaos, dan lain sebagainya.

Jika Anda punya kemampuan atau keahlian di bidang desain grafis, maka bisnis jasa di bidang ini sangat cocok untuk dijalankan.

Sebagai awal, Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan menawarkan jasa di situs-situs marketplace seperti:

  • Sribulancer.com
  • Fastwork.id
  • Freelancer.co.id
  • Projects.co.id

5. Jasa Desain & Pembuatan Website

Penggunaan website sudah sangat jamak di jaman yang serba online seperti sekarang. Semua orang ingin memiliki website atau blog untuk berbagai keperluan, misalnya sebagai sarana informasi ataupun sarana promosi bisnis.

Jasa Pembuatan Website
Via Google Images

Namun, tidak semua orang bisa membuat website atau tidak punya waktu untuk membuatnya. Nah, buat Anda yang punya skill coding dan membuat website/ blog, ini merupakan potensi bisnis yang sangat menjanjikan lho.

Ada banyak sekali jenis jasa yang bisa dijual untuk kategori pembuatan website, di antaranya:

  • Jasa desain website.
  • Pembuatan website dengan platform WordPress.
  • Membuat toko online dan sistemnya.
  • Pembuatan website company profile.
  • Membuat web landing page.
  • Mengelola dan perawatan website.
  • Jasa optimasi page speed website.
  • Dan lain sebagainya.

Bisnisnya tak hanya jasa membuat website dan perawatannya. Anda yang ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari bisnis ini bisa menjual produk lainnya yang berhubungan dengan website, seperti; domain dan hosting.

Baca Juga : Bisnis Yang Laku Setiap Hari

Jika baru memulai, Anda bisa mencoba menawarkan jasa ini melalui situs marketplace freelancer, seperti: fastwork.id, sribulancer.com, freelancer.co.id.

6. Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan aplikasi mobil umumnya sebagai sarana informasi, transaksi, dan membangun keterlibatan konsumen terhadap sebuah bisnis. Tak heran bila pengguna aplikasi mobile semakin meningkat setiap tahunnya.

Usaha Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile
Via freepik.com

Ini merupakan potensi bisnis yang sangat bagus buat mereka yang punya keahlian dalam membuat aplikasi mobile, baik itu Android maupun iOS.

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam membuat aplikasi mobile, jangan ragu untuk menawarkan jasamu di situs marketplace, seperti: fastwork.id, sribulancer.com, dan freelancer.co.id.

Harga pembuatan aplikasi mobile cukup beragam, tergantung tingkat kesulitan aplikasinya. Namun sejauh pengamatan saya, range harganya berkisar Rp500.000,- hingga Rp20 juta.

7. Jasa Visual dan Audio

Jasa visual dan audio merupakan bisnis yang cukup jamak dilakoni masyarakat Indonesia. Bisnis ini biasanya berawal dari hobi, yaitu fotografi, videografi, dan audio.

Jasa Photo, Video, dan Audio
Via Kompas.com

Jasa di bidang visual dan audio biasanya mengerjakan pembuatan foto, produksi video, sulih suara (dubbing, looping), subtitle, 3D dan animasi, sound effects, dan motion graphics.

Sebenarnya jasa visual dan audio ini sangat banyak bidang bisnisnya, bahkan bisa dikombinasikan dengan bidang bisnis lainnya, misalnya pemasaran. Tapi Anda harus fokus pada salah satu bidang yang paling paling dikuasai ya.

Nah untuk mengawali karir di bisnis ini, Anda bisa memulainya dengan menawarkannya di situs-situs marketplace, seperti: fastwork.id, sribulancer.com, dan freelancer.co.id.

8. Jasa Data Entry

Sesuai dengan namanya, jasa data entry itu adalah profesi yang melakukan pekerjaan mulai dari pemrosesan data elektronik, pengetikan, pengolah kata, dan transkrip. Tujuannya agar data lebih ringkas serta mudah dibaca dan diolah.

Usaha Jasa Data Entry
Via freepik.com

Dalam proses pengerjaannya, penyedia jasa harus memiliki keahlian dalam menggunakan software-software tertentu, misalnya; excel, acces, minitab, spss, sas, dan lainnya.

Jenis usaha jasa yang satu ini biasanya sering dicari oleh banyak perusahaan. Meskipun demikian, usaha jasa yang satu ini harus memiliki beberapa skill, seperti;

  • Mampu mengoperasikan komputer.
  • Memiliki kemampuan bahasa yang baik.
  • Mampu mengetik dengan cepat dan cermat.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Jasa data entry biasanya dicari perusahaan-perusahaan melalui internet. Jadi, Anda disarankan punya website atau blog. Jika belum punya web sendiri, Anda bisa menggunakan situs marketplace seperti; Fastwork.id, Sribulancer, Projects.co.id.

9. Jasa Pengetikan

Ini merupakan jenis usaha jasa yang bisa dilakukan hampir semua orang. Dengan kata lain, jasa ini cenderung mudah dilakukan dan modalnya sangat minim. Dengan bermodal laptop atau komputer, Anda sudah bisa membuka jasa pengetikan.

Jasa Pengetikan
Via freepik.com

Jasa pengetikan banyak dibutuhkan oleh guru-guru untuk membuat soal ulangan, mahasiswa yang membuat makalah atau skripsi, serta anak-anak sekolah yang tidak memiliki laptop untuk mengetik tugas.

Jadi, Anda bisa memasarkan usaha jasa ini di lingkungan sekolah, kampus, atau memasarkannya secara online.

Jika tidak ingin menyewa ruko dekat sekolah karena belum ada modal, Anda bisa memasang poster di area sekolah, promosi lewat media sosial atau memasang media promosi di depan rumah.

10. Usaha Jasa Konsultasi

Jasa konsultasi muncul karena adanya kebutuhan seseorang untuk bertukar pikiran dan mendapat nasihat, saran, serta masukan dari seseorang yang ahli di bidang tertentu.

Penyedia jasa konsultan ini nantinya akan memberikan pendapat, masukan, dan pemikiran segar kepada klien sesuai dengan bidang ilmunya. Dengan begitu, klien akan dapat mengambil keputusan yang lebih baik untuk kepentingannya.

Ada cukup banyak bidang jasa konsultasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, di antaranya; bisnis, hukum, akuntansi dan keuangan, pemasaran, branding, pengembangan diri, website, dan lain sebagainya.

Nah, jika Anda memiliki keahlian di bidang tertentu maka Anda bisa menawarkan jasa konsultasi kepada orang lain. Sebagai langkah awal, Anda bisa menawarkan jasa konsultasi melalui situs marketplace freelancer, seperti;

11. Jasa Pembuatan Undangan Online

Jasa ini mirip seperti jasa membuat website, tetapi ini fokus pada pembuatan undangan online. Walau terkesan kurang greget, bisnis jasa membuat undangan online tidak kalah menjanjikan dengan jasa lainnya lho.

Jasa Pembuatan Undangan Online
Via popbela.com

Sedikit berbeda dengan undangan biasa, tujuan dibuatnya undangan online adalah agark bisa mengundang teman yang jauh atau mengundang beberapa orang sekaligus hanya dengan satu undangan.

Memulai bisnis yang satu ini agak butuh modal, karena harus punya komputer yang handal, software CorelDraw, dan template atau ornamen premium agar undangannya terlihat bagus.

Tetapi dalam proses operasionalnya, bisnis membuat undangan online cenderung lebih murah. Pengeluaran untuk bisnis ini di antaranya, biaya berlangganan ornamen premium, wifi, dan listrik.

Pemasaran bisnis jasa membuat undangan online ini biasanya melalui media sosial, iklan Google, dan forum. Selain itu, Anda perlu menggunakan WhatsApp bisnis agar terkesan lebih profesional bagi orang-orang yang menghubungi.

12. Jasa Les Privat

Ide bisnis jasa selanjutnya adalah jasa les privat. Di era yang semakin modern seperti sekarang, persaingan di dunia pendidikan juga semakin meningkat sehingga para orang tua berlomba-lomba untuk mencari tempat les bagi anak mereka.

Via Google Images

Ini bisa menjadi peluang besar bagi Anda. Dengan berbekal kemampuan memahami pelajaran-pelajaran sekolah, Anda bisa membuka les privat dengan bayaran yang lumayan besar. Biasanya les privat yang sering dicari adalah di bidang matematika, IPA, atau Bahasa Inggris.

Untuk pemasarannya sendiri juga sangat mudah. Anda bisa bergabung ke grup lowongan pekerjaan, grup umum yang ada di kota Anda, memasang poster atau membagikannya kepada anak-anak sekolah.

Biasanya jika sudah mendapatkan satu murid, beberapa teman dari murid pertama Anda akan ikut mendaftar les.

13. Jasa Desain Interior

Kaum milenial dikenal sangat perduli dengan tampilan interior rumah atau ruangannya. Hal ini membuat bisnis desain interior mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Via detik.com

Milenial memiliki selera yang berbeda dengan orang tua mereka. Itulah sebabnya mereka membutuhkan jasa desain interior untuk mendapatkan atmosfir dan karakter yang mereka inginkan.

Meskipun ada pendidikan formalnya, untuk menjadi seorang pengusaha desainer interior ternyata tidak harus memiliki latar belakang pendidikan formal lho.

Faktanya, ada banyak pengusaha jasa desain interior yang memulai bisnisnya dengan modal keinginan dan tekad untuk belajar, serta tidak takut untuk memulainya.

14. Jasa Titip

Bisnis jastip atau jasa titip adalah salah satu bisnis kekinian di mana pelaku usahanya menawarkan bantuan kepada orang-orang yang ingin titip membeli sesuatu saat ia sedang berada di suatu tempat.

Jastip
Via Kumparan.com

Misalnya, Anda sedang berada di kota lain atau di luar negeri dan ada barang yang kece. Anda bisa menawarkan untuk titip membelikannya kepada orang lain yang menyukai barang tersebut.

Umumnya, penyedia jasa titip beli mengambil keuntungan Rp10.000,- hingga Rp20.000,- per item untuk barang-barang di dalam negeri. Sedangkan barang-barang dari luar negeri penyedia jastip biasanya mengambil keuntungan Rp20.000,- hingga Rp30.000,- per item.

Nah, kalau Anda termasuk orang yang sering jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri, maka bisnis jastip ini bisa dicoba. Keuntungannya lumayan lho. Baca juga penjelasan apa itu Jastip.

15. Jasa Potong Rambut Pria

Memotong rambut membutuhkan keahlian khusus yang mana keahlian tersebut tidak dimiliki oleh semua orang. Itulah alasannya kenapa bisnis jasa potong rambut termasuk usaha jasa yang cukup laris hingga saat ini.

Via Google Images

Selain keahlian memotong rambut, usaha jasa ini juga harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada konsumennya. Oleh karena itu, pengetahuan teknik memotong rambut dan tren model rambut merupakan suatu keharusan bagi para pelaku bisnis jasa ini.

Kalau diperhatikan, bisnis barbershop atau jasa potong rambut pria sudah semakin marak, khususnya di kota besar. Para pelaku usaha di bisnis ini umumnya dari kaum milenial yang sangat memahami kebutuhan masyarakat akan jasa potong rambut.

Beberapa contoh usaha jasa potong rambut pria yang populer di Indonesia;

  • Ixobox Barbershop
  • Lanang Barbershop
  • Grand Macho Barbershop
  • Black Box Barbershop

Nah, jika Anda memiliki keahlian dalam memotong rambut maka Anda bisa mempertimbangkan untuk berbisnis di jalur ini.

16. Jasa Kurir/ Ekspedisi

Seperti kita ketahui, selama pandemi Covid-19 sebagian besar orang diharuskan berkegiatan di rumah. Proses pengiriman barang dan berkas fisik lebih banyak mengandalkan jasa kurir atau ekspedisi.

via bisnis.com

Meningkatnya e-commerce atau perdagangan online menjadi pendorong utama munculnya banyak jasa pengiriman. Selain itu, di masa pandemi Covid-19, semakin banyak permintaan jasa kurir karena adanya keterbatasan ruang dan gerak masyarakat.

Beberapa bisnis jasa kurir terpopuler di Indonesia, antara lain:

  • JNE (Jalur Nugraha Ekakurir).
  • POS Indonesia.
  • JNT (Jet and Tony).
  • SiCepat.
  • Ninja Express.
  • TIKI (Titipan Kilat).
  • Wahana Logistik.
  • Indah Logistik.
  • First Logistik.
  • Pandu Logistik.
  • RPX (Republic Express).
  • Cahaya Logistik.
  • GoSend.

Selain perusahaan jasa kurir yang disebutkan di atas masih ada banyak perusahaan jasa pengiriman lainnya yang belum disebutkan.

Bisnis jasa kurir tidak hanya dilakoni oleh perusahaan, tetapi juga perorangan dengan keunikan layanannya. Misalnya, pedagang di pasar yang menawarkan jasa mengirim barang-barang belanjaan konsumen.

Ada banyak konsumen yang masih takut berbelanja langsung ke pasar untuk membeli kebutuhan bahan pangan, seperti; sayuran, ikan, buah, bumbu, dan lainnya.

Nah, ternyata ada juga beberapa pedagang yang menawarkan jasa untuk berbelanja dan mengantarkan barang belanjaan konsumen ke rumahnya.

Kesimpulan

Akhirnya Anda sampai di bagian akhir artikel ini. Ternyata ada banyak sekali ya ide usaha jasa terlaris yang bisa kita kerjakan di jaman sekarang ini.

Tapi perlu diingat, memulai usaha jasa bukanlah hal yang mudah dan bisa langsung sukses. Karena baru memulainya, maka Anda harus berusaha lebih keras dari orang lain dan sabar menunggu waktu suksesmu tiba.

Perhatikan juga beberapa aspek penting dalam bisnis, seperti promosi, riset kebutuhan pasar, dan jangan lupa untuk memasarkan jasa Anda secara maksimal di media sosial.

Itulah 15 ide usaha jasa yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk membuka bisnis dengan modal kemampuan atau keahlian. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Fahmi Permana
TERUSLAH BEKERJA KERAS. Sampai kamu tidak perlu memperkenalkan dirimu lagi pada siapa pun.